Tips Agar Anak Berani Mengikuti Lomba - CintaKidsFashion

Tips Agar Anak Berani Mengikuti Lomba

Apakah anda ingin anak anda menjadi seorang juara ? 

Pertanyaan diatas tentu yang sering menjadi pemikiran para orang tua terhadap anaknya. Semua orang tua tentu ingin anaknya menjadi seorang juara dan pemenang. Terkadang alasan yang muncul karena gengsi, atau rasa iri terhadap anak yang lain. Perlu kita ingat pesan dari "pakar anak" adalah sebagai orang tua jangan selalu membanding-bandingkan anak. Bersyukurlah dengan apa yang dianugerahkan Tuhan untuk anda sekalian.
Karena anak adalah anugerah, tapi perlu diingat bahwa anak juga merupakan cobaan. Maka dari itu sayangilah dan ajarilah.
Sebagai orang tua kita tidak boleh egois untuk memforsir anak untuk mengikuti kemauan kita sebagai orang tuanya. Walau terkadang ada yang mengatakan. "Anak kecil belum tahu apa-apa, wajar kita arahkan ini dan itu !". Ya, memang benar otak anak-anak masih kosong dan fresh belum mempunyai pengalaman apa-apa. Tapi ingat sejatinya tugas seorang anak hanyalah bermain. Semua yang dapat ditangkap oleh otak anak adalah permainan yang bisa membuat hatinya senang. Maka dari itu cobalah raih hatinya dengan berinteraksi secara asyik. Ajarilah norma norma agama, akhlak baik buruk dengan mengajaknya bermain.

"Kebanyakan anak itu pemalu pada hal yang belum mereka kenal"
Apakah yang membedakan anak yang berani tampil  percaya diri dengan anak yang minder atau pemalu ? Jawabannya adalah dari kadar sosialisasi dan interaksi dengan sesama manusia. Tentu beda antara anak yang pernah ikut lomba, dan anak yang belum pernah ikut lomba. Beda juga anak yang selalu dirumah dengan anak yang bermain diluar bersama teman-temannya. Juga anak yang tidak takut kotor dengan anak yang sensitif sekali terhadap kotoran. Intinya adalah jangan pernah halangi hal yang membuat anak itu penasaran, biarlah dia mencoba dahulu, tapi tetap dalam pengawasan kita. Jika ada sesuatu yang negatif maka arahkanlah bahwa itu salah, dan beri dia solusi.

Claudya Aura Cinta Juara Lomba Fashion Show Anak
Claudya Aura Cinta Juara Lomba Fashion Show Anak

Tips Agar Anak Berani Mengikuti Lomba

Jika anda mengalami permasalahan anak anda malu, minder ataupun takut bersosialisasi, takut tampil diatas panggung. Cinta Kids Fashion akan berbagi tips untuk membuat anak anda berani mengikuti lomba dan percaya diri diatas panggung :
  1. Ajaklah anak untuk melihat perlombaan secara langsung. Mungkin ketika weekend seringlah ajak anak untuk jalan-jalan bersama ayah dan bundanya melihat acara lomba anak. Dari situ anda dapat bertanya tentang hal yang baru saja dia lihat, jika dia mulai bertanya maka jelaskanlah apa manfaat dari lomba tersebut.
  2. Ketika dirumah ajaklah anak untuk menonton video anak berprestasi / video anak juara ketika mengikuti lomba. Mulailah kenalkan dia, motivasilah agar anak dapat tertarik untuk lebih tahu.
  3. Cobalah untuk ikutkan dia di club anak-anak. Tidak perlu di agency yang mahal, ikutkanlah club anak-anak yang gratis dulu. Carilah informasi dari kerabat dan teman-teman
  4. Jika sudah ikut club anak-anak maka secara normal otaknya akan berkembang mulai merasa iri jika dia belum bisa dari teman-temannya. Mulailah ikutkan lomba kecil-kecil dahulu, seperti disekolahnya. Jika dia masih pemalu itu wajar, itu semua proses.
  5. Berilah apresiasi baik berupa hadiah atau motivasi apa saja yang bisa membuatnya senang dan semangat. Jika memberinya hadiah, berilah hadiah yang mengandung unsur pembelajaran dan motivasi. Contoh : Ajak dia jalan-jalan ditaman bermain anak-anak, pemandangan alam, kebun binatang.
  6. Selalu ajarkan dia untuk berdoa sebelum dan setelah lomba. Ajarkan untuk selalu dekat dengan Tuhan. Termasuk ajarkan anak untuk  diberi kekuatan ketika menerima kekalahan.
Foto Anak Juara Lomba
Foto Anak Juara Lomba
Yakinlah seorang juara adalah proses belajar dari pengalaman. Seorang pemenang sejati bukanlah yang selalu berada didepan, namun seorang pemenang sejati adalah dia yang mampu tegar ketika menerima kekalahan, lalu belajar dari pengalaman itu.

Tidak ada komentar:
Write komentar