Serunya Wisata Religi di Kota Kudus dengan Ziarah Sunan Muria dan Sunan Kudus - CintaKidsFashion

Serunya Wisata Religi di Kota Kudus dengan Ziarah Sunan Muria dan Sunan Kudus

Wisata Religi di Kota Kudus

Salah satu cara untuk menghilangkan penat adalah berwisata bersama orang yang kita sayangi. Banyak pakar menyarankan agar kita menyisihkan sebagian waktu untuk berwisata sebagai kegiatan refreshing pikiran.  Pilihan wisata yang baik adalah sesuai keinginan masing masing. Bisa berwisata ke alam, tour ke kota lain, dan tempat favorit lain. Berwisata ke alam adalah saran yang paling baik untuk anda. Menurut penulis, manusia tidak lepas dari alam untuk itu menyatulah dengan alam. Selain wisata alam, anda juga dapat memilih berwisata sejarah, mengunjungi museum ataupun makam kerajaan, bangunan sejarah, makam orang yang diberkahi Allah.

Pilihan wisata kami adalah ke Kota Kudus. Selain tekenal sebagai "Kota Kretek" Kudus terkenal juga dengan kota religi, dan wisata ke kota Kudus ini termasuk jenis wisata religi. Banyak para ulama, penyebar agama Islam yang berasal dan dimakamkan di Kota Kudus. Salah satunya adalah Sunan Muria. Menurut berbagai versi Sunan Muria merupakan anak dari Sunan Kalijaga dan termasuk dalam jajaran Wali Songo. Cinta Kids Fashion tidak akan menjelaskan asal usul dan biografi dari Sunan Muria, karena telah banyak dijelaskan dari berbagai sumber, jadi silahkan anda cari sendiri dari buku atau google, internet, jika anda penasaran. Yang jelas kami sangat senang bisa berkunjung kembali ke makam Sunan Muria ini.

Mengapa kami memilih Wisata Religi ke Makam Sunan Muria

Salah satu hal yang membuat kami sangat rindu berkunjung ke makam Sunan Muria di Kudus ini adalah karena masa kecil penulis yang sering diajak berziarah dengan orang tua di tempat ini. Kenangan masa kecil yang membuat kami ingin berziarah kesini. Kenangan masa kecil tersebut sangat melekat di hati dan pikiran penulis, walau sebenarnya kami tidak tahu jalan menuju makam Sunan Muria ini tetapi dengan niat dan semangat yang baik, akhirnya kami bertekad untuk pergi berwisata religi, dan Alhamdulillah sampai juga perjalanan kami kurang lebih 2 jam dari Kota Semarang. Dari cerita tersebut kami percaya bahwa ajaran baik di masa kecil anak dari orang tua, akan selalu melekat sampai anak tersebut dewasa. Untuk itu kami sebagai orang tua juga mengajarkan dan mengenalkan tentang ajaran baik mengenai agama pada anak kami. 

Makam Sunan Muria berada di Kabupaten Kudus tepatnya di kawasan Gunung Muria. Perjalanan yang menyenangkan ketika berada di Kota Kudus yang bersih dan tertata rapi, dan setelah melewati wilayah kabupaten Kudus di jalan Sunan Muria ini, kita disuguhi pemandangan alam yang sejuk dan indah di Kawasan lereng Gunung Muria. Singkat cerita pada zaman dahulu Sunan Muria atau Raden Umar Said ini mendirikan pesantren diatas Gunung Muria bersama para santri. Tak heran jika para santri dan murid dari Sunan Muria ini termasuk pasukan yang sehat dan kuat karena sering naik turun gunung.

Disekitar daerah menuju makam Sunan Muria terdapat juga banyak tempat wisata baru dan juga tempat rekreasi keluarga. Setelah anda sampai ke daerah Colo ini untuk menuju ke makam Sunan Muria anda bisa memanfaatkan jasa ojek jika anda memakai mobil. Namun jika anda memakai motor anda bisa langsug naik menuju makam, jalan kaki pun boleh, dan sudah ada tempat sendiri bagi pejalan kaki untuk menuju makam Sunan Muria. Yang perlu diperhatikan adalah jalan menuju makam sangat curam jadi anda harus berhati-hati.

Setelah sampai di makam Sunan Muria anda akan disuguhi pemandangan alam yang indah, serta para pedagang yang ramai menjajakan dagangannya. Ada souvenir, baju, makanan khas, restoran, dan banyak lagi. Tempat-tempat tersebut sekarang sudah dikelola dan tertata rapi indah. Air di Masjid dan Makam Sunan Muria ini sangat segar karena berasal dari mata air Gunung Muria. Anda juga bisa minum air dari gentong peninggalan Sunan Muria yang sampai sekarang masih dimanfaatkan para peziarah untuk diminum.
Pasar Souvenir di sekitar Makam Sunan Muria Kudus
Pasar Souvenir di sekitar Makam Sunan Muria Kudus
Makam Sunan Muria selalu ramai dikunjungi para peziarah baik dari dalam maupun luar kota. Apalagi ketika hari libur maka banyak bus dan wisatawan yang datang sampai peziarah harus antri. Makam ini 24 jam selalu ramai dikunjungi para peziarah. Subkhanallah, betapa berkahnya dan indahnya lantunan doa dan shalawat yang berkumandang di Makam orang yang diberkahi Allah. Bagaimana tidak, diatas gunung pun masih ramai dikunjungi orang.

Perjalanan Ziarah Makam Sunan Kudus

Setelah perjalanan di Makam Sunan Muria di Kabupaten Kudus kami berlanjut ziarah ke makam Sunan Kudus atau Raden Jafar Sadiq yang masih satu kota ini. Berbeda dengan makam Sunan Muria yang berada diatas Gunung, makam Sunan Kudus ini berada di wilayah perkotaan, tepatnya daerah komplek menara Kudus. Bangunan artistik dan sangat mengandung seni terlihat di makam Sunan Kudus. Dahulu kala Sunan Kudus termasuk panglima perang yang handal di Kerajaan Demak.
Menara Makam Sunan Kudus
Menara Makam Sunan Kudus
Seperti makam para Wali lain, makam Sunan Kudus juga selalu ramai dikunjungi para peziarah. Uniknya di kota Kudus ini tidak boleh menyembelih sapi sebagai langkah menghormati agama hindu budha yang mensucikan sapi, dan daging sapi diganti dengan kerbau. Sungguh bijak Sunan Kudus mengajarkan toleransi antar umat beragama. Hal baik seperti inilah yang harus kita ajarkan kepada anak kita agar mereka mengerti.
Wisata Religi Makam Sunan Kudus
Wisata Religi Makam Sunan Kudus
Masjid Makam Sunan Kudus
Masjid Makam Sunan Kudus

Bangunan di makam Sunan Kudus ini sangat artistik memakai bahan ornamen batu bata merah yang ditata membentuk menara yang indah. Selain itu disekitar wilayah makam sangat terjaga kebersihannya. Disini kita seperti berada disebuah kota lama yang bersejarah. Waktu magrib pun tiba dan kami shalat Magrib di Masjid Sunan Kudus yang berada di samping makam. Setelah shalat kami menikmati wisata kuliner di sekitar kota Kudus ini.
Suasana Makam Sunan Kudus
Suasana Makam Sunan Kudus

Sebelum pulang kami mampir dahulu ke alun-alun kota Kudus, suasana di alun alun ini hampir sama seperti suasana di Simpang lima Semarang. Banyak para pedagang kaki lima dengan jajanan yang banyak, Akhirnya, hampir seharian kami berwisata di Kota Kudus. Wisata religi ini benar benar membuat kami senang dan banyak ilmu yang kami dapat di perjalanan religi ini. Semoga esok kita bisa berwisata religi lagi di makam Wali Songo yang lain. Akhir kata sampai ketemu lagi di perjalanan wisata Cinta Kids Fashion selanjutnya.

Tidak ada komentar:
Write komentar