Tips Agar Anak Semangat Sekolah Pasca Liburan Panjang - CintaKidsFashion

Tips Agar Anak Semangat Sekolah Pasca Liburan Panjang

Tahun baru telah tiba, dibutuhkan jiwa baru pula agar kita kembali semangat menghadapi tantangan kedepan. Harapan tahun lalu yang belum tercapai semoga bisa di dapat di tahun ini. Tips agar kita terus maju ke hidup yang lebih baik adalah dengan membuat target catatan kedepan yang harus dicapai.

Setelah puas dengan libur panjang sekolah, tentunya sedikit sulit untuk bersemangat beraktifitas kembali. Tak terkecuali dengan anak kita. Mereka yang biasanya santai ketika liburan panjang dengan berlibur bersama keluarga di tempat-tempat liburan, makan bersama, menonton film atau televisi setiap harinya, sekarang kembali masuk sekolah. Ini yang sering terjadi pada anak adalah mereka kurang bisa menyesuaikan kembali situasi seperti ini.

Dibutuhkan peran orang tua dengan halus dan bijaksana memberi pengertian dan motivasi agar anak kembali bersemangat masuk sekolah. Beri mereka harapan dan target yang harus dicapai agar anak semakin dewasa menyesuaikan perkembangan umur dan otaknya. Berikut adalah sebagian kecil tips sederhana agar anak kembali semangat pasca liburan panjang.
Tips Agar Anak Semangat Sekolah Pasca Liburan Panjang
Tips Agar Anak Semangat Sekolah Pasca Liburan Panjang

Tips Unik dan Cerdas Agar Anak Semangat Sekolah Setelah Libur Panjang

  1. Olahraga ringan Setelah Bangun Pagi. Sempatkan untuk mengajak anak bangun pagi dan berolahraga di depan rumah atau dengan jalan-jalan mengajak mereka membeli sarapan pagi misalnya. Apabila tubuh kurang bergairah, anda dapat mengajak anak berolahraga dengan lari kecil atau senam.  Dengan menggerakkan tubuh setelah bangun pagi maka akan membantu peredaran darah dan meningkatkan metabolisme tubuh serta meningkatkan konsentrasi.
  2. Sarapan Pagi Sebelum Sekolah. Berilah sarapan pagi pada anak sebelum sekolah. Usahakan makan pagi walaupun sedikit, karena jika tidak sarapan anak akan cepat lelah di siang hari. Sarapan dengan makanan sehat dan bervitamin membantu anak menghindarkan keinginan untuk jajan diwaktu siang. Beri makan yang mengandung empat sehat lima sempurna.
  3. Hindari Memberi Bekal Makanan Minuman Cepat Saji. Pemberian makanan cepat saji seperti snack, junk food, mie instan, akan mengurangi perkembangan daya otak anak. Hindari pula Minuman cepat saji atau minuman mengandung caffein yang dikonsumsi anak. Minuman cepat saji dan caffein seperti kopi akan mengurangi daya serap air di tubuh kita. Anda dapat memberi anak minuman air putih yang mengandung mineral bisa dicampur juga dengan madu atau lemon, yang dapat meningkatkan sistem imun dan membantu sirkulasi tubuh.
  4. Ajarkan Anak Untuk Menjaga Postur Tubuh. Yang dimaksud menjaga postur tubuh adalah mengajarkan anak tetap tegap saat berjalan, posisi duduk yang benar, posisi makan, sehingga akan mengurangi tegang, aliran darah menjadi lancar, fikiran akan menjadi jernih dan tidak loyo.
  5. Memilih warna yang membuat semangat. Anda dapat merenovasi Kamar tidur anak atau rumah anda yang merupakan lingkungan favorit untuk mendukung semangat kembali beraktivitas. Memilih warna terang dan berkreasi dengan warna akan membuat semangat anda menjadi tumbuh kembali. Pemilihan warna dan motif sprei tempat tidur, baju dan kostum fashion yang dipakai anak, tempat belajar anak, dan lainnya.
  6. Ajak Anak Membersihkan Rumah. Ajak anak membersihkan rumah, seperti membersihkan kamar mereka, ruang belajar mereka, agar semakin semangat untuk belajar. Mengajarkan anak kebersihan sejak dini akan membuat lingkungan bersih dan rapi membantu fikiran untuk lebih mudah konsentrasi.
  7. Berkumpul dengan Teman. Bertemu dan berkumpul dengan teman akan mengurangi malas dan lesu ketika kembali beraktifitas. Anak akan bersosialisasi kembali pada lingkungan sekolah dan gurunya. Ajaran agama dan budi pekerti di sekolah sangat dibutuhkan untuk anak.
  8. Menceritakan pengalaman liburan. Ajak anak untuk menceritakan kembali pengalaman seru ketika libur panjang kemarin, dengan itu anak akan menjadi semangat kembali, membangun kedekatan orang tua dengan anak. Dan mungkin dapat juga mengatur waktu liburan selanjutnya. Anak juga dapat menceritakan pengalaman ini pada saudara dan teman-teman disekolahnya.
  9. Merencanakan Liburan Esok Hari. Jika anak masih belum bisa beradaptasi kembali untuk kembali beraktifitas di sekolahnya. Ajaklah anak untuk menyusun kembali rencana liburan besok. Dengan ini anak akan semakin termotivasi untuk sekolah dan bersemangat. Tidak perlu perlu pergi ketempat liburan yang mahal, anda juga dapat berlibur ke tempat edukasi gratis bagi anak, seperti museum, perpustakaan, jalan-jalan, dan lainnya.
Semoga informasi dan tips yang cintakidsfashion berikan dapat bermanfaat bagi anda selaku orang tua untuk mengajarkan anak kembali semangat beraktifitas khususnya di sekolah.

Tidak ada komentar:
Write komentar