Apakah Musik Berpengaruh Terhadap Kecerdasan Anak - CintaKidsFashion

Apakah Musik Berpengaruh Terhadap Kecerdasan Anak

Pengaruh Musik Terhadap Tingkat Kecerdasan Anak

Kita tentu bertanya-tanya,apakah korelasinya musik terhadap tingkat kecerdasan. "Mau cerdas ya belajar dong !" hehehe. Memang, jika kita ingin anak cerdas harus rajin belajar teratur dan terus berlatih, namun disisi lain bagaimana kita menciptakan suasana yang nyaman untuk anak belajar. Salah satu cara untuk refresh otak manusia adalah dengan seni. Termasuk musik dalam hal ini adalah seni yang berhubungan dengan indera pendengaran kita yang selanjutnya akan di transfer ke otak.
Seberapa besar pengaruh musik terhadap tingkat kecerdasan otak anak
Banyak artikel dan penelitian yang mengungkapkan bahwa musik dapat membantu otak kita untuk bisa berfikir tenang dan merangsang sel sel otak untuk rilex dari masalah yang dihadapinya. Bagi anak yang notabene otaknya masih fresh tentu gampang menerima hal hal yang baru. Untuk itu berilah arahan yang positif terhadap anak, karena itu berpengaruh besar untuk kehidupannya.
Dalam hal ini memperdengarkan musik ke anak adalah suatu cara efektif juga untuk merangsang otak kanan anak untuk mengenal seni, keindahan, ketenangan, rasa, dan lainnya.

Berkembangnya musik dalam berbagai aliran dan genre patut kita pilih mana yang pantas di dengarkan oleh anak dan mana untuk dewasa. Sebenarnya bukan tentang nada dalam musiknya, karena bagaimanapun, apapun jenis genre alirannya, musik tetaplah musik, yang salah adalah lirik lagu dalam musik tersebut. Apakah lirik lagu tersebut pantas diterima oleh anak anak atau tidak. Jadi bisa disimpulkan tidak salah jika orang tua juga memperdengarkan musik rock, metal, keroncong, dangdut atau musik lain, karena itu bisa menambah ilmu dan edukasi anak.

Pengaruh musik sedih dan galau terhadap anak 

Saya pernah mengikuti seminar motivasi, salah satu pembicara seminar itu mengatakan
"Jangan biasakan mendengarkan musik galau, karena itu bisa menjadikan harimu tidak semangat, bahkan bisa ikut galau juga walaupun sebenarnya kamu tidak sedang dalam masalah yang serius."
nasehat pembicara itu mengatakan agar kita mendengarkan musik-musik yang membawa semangat untuk hari kita. Apakah pendapat itu benar ? silahkan simpulkan anda sendiri.

Bagi penulis tidak ada salahnya untuk mendengarkan musik galau dan sendu, asal jika itu porsinya untuk anak, kurangilah. Lebih baik kenalkan mereka terhadap jenis jenis musiknya bukan terpacu pada liriknya saja. Bagaimanapun musik anak-anak tetap lebih baik diterima telinga anak daripada musik dewasa, dalam hal ini musik galau tentang percintaan.

Pengalaman kami juga pernah, ketika anak kami mendengarkan musik di smartphone bundanya. Sehari dia dengar, besok dia dengar lagi, lama kelamaan dia hafal musik yang di dengarkan tadi. Dan lucunya musik tersebut termasuk dalam kategori musik galau anak muda jaman sekarang dari Band Republik berjudul "Sandiwara Cinta" , anak kami hafal lirik tersebut sampai wajahnya pun ikut menirukan gaya sedih ketika menyanyikan lagu tersebut.
Melatih anak Percaya Diri Dengan bermusik Bernyanyi
Melatih anak Percaya Diri Dengan bermusik Bernyanyi
Berbeda ketika anak kami mendengarkan lagu anak-anak yang dia sukai, respon anak lebih merasa senang, nyaman, lonjak-lonjak badan seperti dia sedang bermain dengan teman-temannya. Dari pengalaman tersebut, ada benarnya sebagai orang tua janganlah terlalu memperdengarkan musik galau pada anak secara sering.

Referensi Musik yang bagus untuk perkembangan Anak

  1. Musik Anak-Anak : Bagaimanapun jenis musik anak-anaklah yang paling cocok diterima oleh telinga mereka. Musik anak cenderung menyenangkan, alunan nada semangat, lirik lagu tentang nasehat-nasehat baik. Karena seringnya anak lebih memperhatikan liriknya.
  2. Musik Terapi Relaksasi : Pernahkah anda mendengarkan musik terapi ? jika belum pernah mendengarkan, coba cari di youtube tentang musik terapi / musik relaksasi. Hal ini juga sering menjadi anjuran dari pakar anak kepada ibu hamil untuk mendengarkan musik terapi relaksasi untuk perkembangan ibu dan bayinya. Karena musik ini sejatinya membawa kenyamanan dan ketenangan.
  3. Musik Mozart atau Musik Orkestra
  4. Musik Alam : Yang dimaksudkan musik alam ini bisa musik yang dimainkan dari alat musik bambu, gamelan, atau alat musik akustik, dll. Karena manusia selalu lekat dengan alam.
  5. Musik Kebudayaan : Dengan mendengarkan musik kebudayaan anak akan lebih mencintai tentang kebudayaan negerinya.
  6. Musik Spiritual : Musik spiritual menjadi pilihan yang tepat juga bagi anak untuk lebih mengenalkan ajaran ke Tuhanan, ajaran agama, agar anak lebih mencintai Tuhan.

Tips mengenalkan musik pada Anak

  • Kenalkan jenis musik yang membuat anak semangat, nyaman, tenang. Musik tersebut bisa dari kaset, CD, ataupun dari perangkat elektronik anda. Sambil orang tua dan anak berkomunikasi santai.

  • Ajak anak bernyanyi musik kesukaan mereka, bisa dengan berkaraoke dirumah 

  • Kenalkan berbagai contoh alat musik pada anak.

  • Dengarkan musik santai ketika belajar

  • Dengarkan musik sebelum dia tidur

  • Ajak mereka ketempat bermain dengan alunan irama musik sehingga otaknya lebih nyaman dan tenang serta hatinya akan riang gembira

Tidak ada komentar:
Write komentar