Kontroversi dan Dampak Film Kartun SpongeBob Squarepants Bagi Anak - CintaKidsFashion

Kontroversi dan Dampak Film Kartun SpongeBob Squarepants Bagi Anak

Apakah Film Kartun SpongeBob Squarepants Stop Tayang di TV ?

Kabar tidak gembira datang dari jagat pertelevisian kartun di Indonesia, karena di isu kan film kartun Spongebob Squarepants akan di stop tayang karena berdampak kurang baik terhadap anak. Tentu para fans setia kartun SpongeBob Squarepants khususnya anak-anak di Indonesia akan kecewa jika benar SpongeBob tidak di tayangkan lagi di TV.
"Mengapa kartun SpongeBob Squarepants akan di Stop Tayang ?"
menurut Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) melalui Komisionernya Agatha Lilly menghimbau pada para orangtua untuk waspada dan mengawasi perkembangan perilaku anak setelah menonton film kartun khususnya dalam hal ini SpongeBob Squarepants, karena dikawatirkan film kartun Spongebob Squarepant berdampak negatif dari seringnya menampilkan adegan kasar seperti melorotkan celana, kata kurang sopan, gambar kartun jorok yang terkadang ditampilkan dalam serial film kartun anak SpongeBob Squarepants. Agatha Lilly mengatakan "Banyak perkataan dan perbuatan yang tidak pantas ditiru  anak-anak, seperti adegan memelorotkan celana, balas dendam, dan hal lain yang tidak patut dilihat anak-anak".

Pertimbangan KPI seperti itulah yang dikhawatirkan akan mempengaruhi pribadi anak yang menonton kartun tersebut, hingga akhirnya pendapat inipun akan dibahas lebih lanjut oleh KPI mengenai status tayang kartun SpongeBob Squarepants di Indonesia. Disini penulis sebagai penikmat kartun SpongeBob Squarepants tentunya kecewa jika KPI jadi stop tayang kartun ini, karena bagaimanapun kartun SpongeBob Squarepants menjadi favorit para anak-anak terbukti dari ratingnya yang tinggi untuk tayangan kartun di dunia, animasi yang menarik, kelucuan, bahkan kata-kata motivasi yang ada di film tersebut. Namun memang tidak dipungkiri bahwa terkadang dalam film kartun SpongeBob Squarepants terdapat kata-kata yang di sensor oleh pihak KPI karena dianggap kurang pantas untuk di dengar anak-anak.

Dampak Negatif dari Film Kartun SpongeBob Squarepants terhadap anak

Dari uraian cerita diatas dapat kami simpulkan tentang hal negatif dari kartun film SpongeBob Squarepant bagi anak :
  • Komedi kartun yang dipertontonkan terkadang terlewat batas, dan tidak sepatutnya dilihat oleh anak Indonesia yang notabene budaya ketimuran. Mungkin maksud dari pihak produksi film kartun SpongeBob ingin menambah humor lebih, karena sesuai fakta film kartun SpongeBob Squarepants tidak hanya di lihat oleh anak-anak namun juga orang dewasa
  • Gambar animasi yang kurang sopan seperti melorotkan celana, gambar jorok (ludah menjulur, sampah, dan lainnya). Memang jika dilihat oleh orang dewasa tontonan ini terkesan menarik dan lucu, namun jika dilihat dari segi anak-anak ini kurang baik. Apalagi jika tidak dengan dampingan dan bimbingan orang tua.
  • Adegan animasi kasar seperti saling memukul. Banyak kartun menampilkan animasi ini untuk menambah kelucuan film kartun tersebut. Bisa kita lihat Tom and Jerry, termasuk SpongeBob Squarepants juga kadang menampikan animasi ini untuk menambah bumbu humor.
Tidak semua adegan film kartun SpongeBob Squarepants negatif, ada juga hal positif dari tayangan SpongeBob Squarepants
Kartun SpongeBob terhadap Anak
Kartun SpongeBob terhadap Anak

Hal Positif dari Film Kartun SpongeBob Squarepants

  •  Pekerja Keras : Bisa kita lihat sifat pekerja keras ada dalam diri SpongeBob Squarepants mulai dari dia bangun pagi dan semangat dalam bekerja. Hal ini mengajarkan kita untuk tidak mengeluh terhadap rutinitas pekerjaan. Wow dimana kita bisa dapat rekan kerja atau karyawan seperti SpongeBob ini ?
  • Mencintai Pekerjaan : SpongeBob sangat mencintai pekerjaannya sebagai seorang koki memasak di "Crusty Crab". Bahkan jika dia libur kerja SpongeBob sangat sedih. Ini yang jarang kita fikir untuk selalu mencintai pekerjaan kita sendiri. Dengan mencintai pekerjaan maka lelahpun akan menjadi berkah, rejekipun akan datang. Jangan mengeluh dalam pekerjaan ya kawan !
  • Optimis : SpongeBob juga sahabatnya Pattrick termasuk ciri makhluk yang selalu optimis. Mereka tidak pernah mengeluh, selalu berusaha, selalu mencoba apapun rintangan yang mereka hadapi. Walaupun ini yang terkadang membuat orang di sekitarnya merasa aneh. Dengan optimis hidup kita akan bersemangat
  • Selalu Gembira Menjalani Hidup : Bisa dilihat bahwa musuh terbesar dalam hidup SpongeBob adalah kesedihan. Spongebob sangat benci bersedih, dia selalu riang gembira menjalani hidup, selalu tersenyum, tertawa riang. Senyum dan tawa akan membuat hidup kita lebih berwarna, dan menjauhkan dari penyakit.
  • Setia Kawan : Sahabat SpongeBob sangat banyak, setiap orang disekitarnya adalah teman baginya. Termasuk ketika Sponge dibenci oleh SquiteWart dia tetap menyayangi tetangganya itu.
  • Berfikir Positif : Jika hari kita lalui dengan berfikir positif maka akan mengurangi beban yang kita hadapi
  • Setiap peran berkarakter kuat : Setiap karakter dalam film kartun Spongebob sangat kuat, dari mulai SpongeBob si periang gembira, Pattrick yang selalu percaya diri, Squitward seniman sejati yang selalu sial, Tuan Crab pekerja keras, marketing sejati yang sangat mencintai uang, dan lainnya. Mereka semua tidak pernah membuat bosan ketika dilihat
  • Hikmah dan Kata-kata Motivasi dalam percakapan dan Naskah di Kartun SpongeBob Squarepants
Seperti itulah uraian singkat dari Cinta Kids Fashion tentang film kartun fenomenal SpongeBob Squarepants. Lalu apakah anda ikhlas dan rela jika tayangan kartun ini stop tayang  ? Silahkan jawab dengan hati nurani anda dan anak anda.

Tidak ada komentar:
Write komentar