Tips Merawat Model Baju Batik - CintaKidsFashion

Tips Merawat Model Baju Batik

Merawat Berbagai Model Baju Batik Agar Awet

Batik menjadi salah satu baju warisan budaya Indonesia yang disegani di seluruh dunia. Perkembangan batik saat ini telah banyak dimodifikasi menjadi desain model baju batik modern, dari yang semula model batik klasik, dan berbagai model motif batik kreasi lain. Walaupun banyak ahli sejarah kain batik yang mengatakan bahwa esensi batik sekarang sudah mulai berkurang, semenjak banyak kain batik yang dikreasikan dengan produk lain, seperti untuk membuat tas, dompet, dan lainnya. Namun dengan perkembangan fashion, semua itu tidak menjadi halangan untuk mencintai baju batik dari Indonesia ini.
Yang perlu dipikirkan bagi bangsa Indonesia adalah, bagaimana kita merasa bangga ketika memakai baju batik.
Dari anak sampai orang tua semua memakai baju batik. Apresiasi pemerintah Indonesia juga terus dikembangkan dengan menjadikan baju batik sebagai pakaian wajib di hari Jumat. Selain itu banyak event dan perayaan acara lomba anak khususnya fashion show yang memperagakan tema baju batik.
Merawat Model Baju Batik Agar Awet
Merawat Model Baju Batik Agar Awet

Berikut sebagian besar Promosi dan Pelestarian batik diberbagai kesempatan :

Melestarikan Baju Batik dengan Lomba Fashion Show Anak Tema Batik Diberbagai acara lomba fashion show anak banyak yang mengambil tema batik. Ini menjadi salah satu cara untuk melestarikan batik dan mengenalkan batik kepada anak.
Sebagai orang tua anda harus bisa mengajarkan nilai budaya dan sejarah mengenai baju batik kepada anak, agar mereka merasa bangga dengan memakai baju batik Indonesia ini.
Model Baju Batik Jokowi
Model Baju Batik Jokowi
Semenjak Jokowi memakai baju batik di acara Debat calon presiden dan wakil presiden tahun 2014, semua orang kagum dan menghormati apa yang dilakukan Jokowi ini. Jokowi adalah sosok "Marketers" yang mampu membuat orang melirik, banyak media yang memberitakan setiap langkah yang dilakukan Jokowi. Dan semenjak Jokowi terpilih menjadi presiden Indonesia ketujuh, beliau ingin menjadikan baju batik sebagai pakaian dinas wajib bagi Instansi Pemerintahan. "Good Job pak Presiden !"

Masih banyak keunggulan baju batik untuk kita sampaikan, namun disini CintaKidsFashion tidak membahasnya terlalu dalam. Akan tetapi kami akan berbagai informasi tentang tips merawat baju batik agar awet, karena kain batik ini adalah kain yang banyak corak dan warna, jadi perlu perawatan khusus agar baju batik yang kita pakai awet seperti baru.

Beberapa Tips Merawat Baju Batik Antara lain :

  1. Ketika baju batik selesai dicuci dan dijemur, jangan langsung menyeterika baju batik secara langsung. Jika baju batik tampak kusut, semprotkan sedikit air diatas baju batik tersebut lalu letakkan sehelai alas kain diatasnya, lalu seterika baju batik tersebut. 
  2. Bila ingin memberi pewangi atau pelembut kain pada baju batik khususnya pada kain batik tulis, jangan semprotkan langsung pewangi pada kain batik tersebut. Caranya, tutupi terlebih dahulu kain batik dengan koran, lalu semprotkan cairan pewangi dan pelembut kain tadi di atas koran.
  3. Berhati-hati ketika memakai parfum pada baju batik. Jangan semprotkan parfum langsung ke baju batik, terutama batik sutera dengan pewarna alami.
  4. Simpanlah baju batik pada plastik agar awet. Ketika menyimpan baju batik di dalam lemari jangan memberi kapur barus, karena zat padat pada kapur barus bisa merusak kain pada motif batik. Tentunya model baju batik akan rusak dan tidak bagus lagi.
  5. Cara merawat baju batik agar awet selanjutnya agat tidak dimakan ngengat adalah dengan memberi sedikit merica yang dibungkus tisu di lemari tempat menyimpan baju batik. Atau cara lain merawat baju batik agar awet adalah denga meletakkan akar wangi yang sudah melalui proses pencelupan pada air panas, kemudian jemur hingga kering.
  6. Jangan mencuci baju batik sembarangan dan jangan menggunakan deterjen pada baju batik seperti mencuci pakaian pada umumnya. Sebaiknya gunakan cairan khusus pencuci untuk kain batik agar tidak merusak motif pada kain batik tersebut sehingga model pada baju batik masih terlihat seperti baru. Cairan pencuci khusus batik ini disebut lerak. Lerak sekarang sudah banyak dijual diberbagai toko yang menjual kain batik, model baju batik.
  7. Jika tidak ada lerak, anda dapat menggunakan shampo pencuci rambut pada saat mencuci baju batik. Cara mencuci baju batik dengan shampo atau lerak seperti mencuci baju pada umumnya,
  8. Jangan menggosok atau menyikat baju batik saat mencucinya. Rendam baju batik pada air hangat. Jika terpaksa mendapatkan noda kotor di baju batik, hilangkan noda tersebut dengan sabun mandi atau kulit jeruk.
  9. Sebaiknya jangan cuci baju batik dengan mesin cuci.
  10. Pisahkan baju batik pada pencucian 1-3 karena seringkali terjadi pelepasan residu dari sisa proses pembatikan (pelunturan). Proses ini tidak akan menghilangkan kualitas warna dari kain batik dan motif batik tersebut.
  11. Ketika menjemur baju batik jangan diperas, dan jangan jemur langsung baju batik atau kain batik tersebut langsung dibawah sinar matahari. Jemur baju batik ditempat teduh dan diangin-anginkan.
Itulah informasi Tips Merawat Baju Batik Agar Awet dari Cintakidsfashion. Bagi anda yang ingin memesan kostum atau baju batik untuk acara perayaan dan fashion show anak silahkan Contact kami

Tidak ada komentar:
Write komentar